Home > HOLLYWOOD, Movies, POSTER, Resensi > Harry Potter And The Deathly Hallows Part II

Harry Potter And The Deathly Hallows Part II

Harry Potter, patut saya akui sebagai fenomena dalam dunia sinema, meski dia terlebih dahulu menggema lewat media novel karena ini adalah adaptasi. From novel-to-movie. Dan telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa di muka Bumi.

Namun, rasanya fenomenanya dalam medium pita seluloida 35mm juga tak kunjung surut. Fenomena tentang kisah penyihir yang selalu toyor-toyoran tongkat jika ingin membuat sesuatu atau bisa digunakan sebagai senjata, fenomena tentang film fantasy yang memperlihatkan transformasi wajah pemainnya dari yang sebelumnya imut-imut hingga dewasa (cek Emma Watson disalah satu adegan) mengingat serial ini telah melampaui lebih dari satu dekade, fenomena tentang ternyata jenis olah raga bernama Quiddict selalu dihadirkan dalam film-filmnya, dan fenomena betapa Voldemort memiliki jiwa yang banyak yang harus dimusnahkan jika ingin film ini berkahir dengan happy ending serta Snape yang ternyata ingin melindungi Harry Potter.

Sayangnya saya bukanlah bagian dari anggota fanatisme serial franchise yang telah membukukan pundi uang untuk peredaran di US sebesar 2,1 milliar dollar dari total 7 film (kecuali Harry Potter 7.2) sejak Sorcerer’s Stone (2001) hingga Deathly Hallows bagian pertama (2010) itu. “It all ends” seperti yang kini menghiasi poster-posternya, setelah lebih dari satu dekade, ini adalah yang terkahir. Jadi tidak akan ada lagi film Harry Potter kecuali J.K Rowling si penulis novelnya melanjutkan misi mencari 7 bola naga untuk membangkitkan Dumbledore.🙂 Hasilnya tentu saja menggemparkan!

Sementara Transformers: Dark Of The Moon 3D sejak tanggal rilis 30 Juni hingga hari ini sukses membukukan torehan sebesar 287 juta dollar, Harry Potter And The Deathly Hallows Part II yang resmi dirilis hari jum’at kemaren (15/07/11) juga tak kalah garang. Normal mungkin, mengingat terdapat ribuan fans fanatiknya yang bahkan rela berkemah didepan bioskop untuk mendapatkan tiket pertama. Hasilnya, Harry Potter 7.2 (biar lebih mudah)  meraih tingkat tertinggi untuk perolehan box office “single day” atau hari pertama, yakni sebanyak 92 juta dollar atau teratas setelah sebelumnya dihuni oleh Twilight Saga New Moon (2009) sebesar 72 juta dollar yang kini melorot keurutan kedua, Twilight Saga Eclipse (2010) sebesar 68 juta dollar, dan The Dark Knight (2008) yang mendulang 67 juta dollar, serta Transformers: Revenge Of The Fallen (2009) diurutan kelima dengan perolehan sebesar 62 juta dollar.

Harry Potter masih menceritakan lebih lanjut pencarian Horcrux supaya film ini lebih cepat selesai, uniknya beberapa jiwa terakhir yang harus dimusnahkan ternyata berada tidak jauh dari tempat dimana Harry berada, bahkan lebih dekat lagi.

Namun sebelum itu terlaksana, Voldemort dengan ratusan anak buah layaknya epic ketiga Lord Of The Ring (Return Of The King-2003) sudah bersiap-siap menggrebek Hogwart guna membunuh Harry, dan ya. Harry tak perlu dicari, karena dia akan mendatangi sendiri sang Lord Voldemort ini, disebuah hutan.

Karena Harry Potter berangkat menjadi fenomena dari fans novelnya yang (juga) ingin menyaksikan pujaannya secara audio-visual, maka dapat dipastikan bahwa hampir semua penontonnya telah mengetahui apa yang telah terjadi dan kemana akhir film ini akan berujung. Mungkin itulah alasan saya tidak khawatir jika postingan ini mengandung spoiler, inilah beberapa catatan penting dari film Harry Potter And The Deathly Hallow bagian kedua atau terakhir sejauh yang saya amati, ya. Karena saya memang bukan fans-nya, bisa jadi beberapa yang mungkin lebih penting malah tidak saya cantumkan.🙂

Spoiler #1. Apa yang anda ketahui tentang karakter  Snape (Alan Rickman), atau yang bertitle lengkap Professor Severus Snape? yakini, bahwa dia adalah karakter penting di film ini, karena lewat setetes air matanyalah sebagian pertanyaan akhirnya mendapat jawaban. Perihal bahwa Lily muda (Ellie Darcey-Arden) adalah cinta pertama Snape muda (Benedict Clarke). Air mata yang jatuh sesaat setelah Snape meninggal karena dicaplok seekor ular Python yang tak lain aalah salah satu Horcrux yang musti dimusnahkan, berikan kesempatan ini pada karena dia berjasa besar pada bagian ini.

Spoiler #2. Ada sesosok makhluk mungil nan merah dikolong meja saat Harry Potter terbangun dari “pingsan” di sebuah ruangan putih bercahaya ditemani Dumbledore setelah sebelumnya di toyor “aba kadabra” oleh Voldemort.

Spoiler #3. Pengen tau wajah Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione  hingga Draco Malfoy 19 tahun seusai pertempuran penutup? Ya, kalian akan menemukannya. Film ini jelas happy ending dengan adegan penutup yang memperlihatkan pemain utamanya telah memiliki anak, tentu saja mereka akan menjadi penyihir juga.

Kesimpulan: Harry Potter 7 bagian kedua ini adalah kunci jawaban dari semua instalemen sejak awal dekade lalu, perjalanan panjang itu kini sudah ditutup dan berakhir. Sebuah franchise yang telah mengubah ketiga pemain utamanya (DanielRadcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grint) menjadi bisa berakting dan terkenal! Warner Bross tambah kaya, Ralph Fiennes dikukuhkan sebagai aktor yang rata-rata memainkan peran antagonis, dan tentu saja antrian calon penonton dibioskop salah satu yang paling unik karena mereka memakai baju tukang shir lengkap dengan topi dan kaca matanya itu. Kecuali mungkin tongkatnya tidak dibolehin masuk studio oleh satpam.🙂

NB: Sebaiknya film ini anda tonton dibioskop terutama bagi para fansnya, jika memang disediakan, pilih yang 3D. Mengapa demikian, pun buat fans Transformers Dark of the Moon yang belum sempat nekat pergi ke Singapura, dua judul itu telah dipampang dalam kategori “Coming Soon” di situs 21 Cineplex setelah hampir setengah tahun Indonesia kehilangan film-film Hollywood khususnya yang dari anggota MPAA.

Selain itu, buat yang sudah membaca novelnya dan nonton versi bajakannya, saat menyaksikan (kembali) film ini dibioskop, mohon jangan menjadi dan mengulang salah satu jenis penonton bioskop seperti yang telah dijabarkan oleh Joni dalam film Janji Joni buatan Joko Anwar itu. Please.

NB (lagi): Nilai yang terkumpul di situs IMDB, Harry Potter 7.2 hingga hari ini telah diperoleh angka 8,7/10 dan 97 % dari situs Rotten Tomatos, fantastis🙂

Faktanya:

Sumber Pustaka:

  1. http://www.imdb.com/title/tt1201607/
  2. http://www.rottentomatoes.com/m/harry_potter_and_the_deathly_hallows_part_2/
  3. http://boxofficemojo.com/movies/?page=intl&id=harrypotter72.htm
  4. http://impawards.com/2011/harry_potter_and_the_deathly_hallows_part_two.html
  5. http://www.onlinemovieshut.com/online-movies/a-look-at-harry-potter-and-the-deathly-hallows-part-2-photos/attachment/harry-potter-and-the-deathly-hallows-part-2-photo2
  6. http://www.beyondhollywood.com/harry-potter-and-the-deathly-hallows-part-2-2011-movie-preview-images-and-videos/
Categories: HOLLYWOOD, Movies, POSTER, Resensi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: