Home > DUNIA MALAM, JEMBER, WEDANG COR > NIKMATNYA MALAM BERSAMA WEDANG CORR, MINUMAN KHAS JEMBER

NIKMATNYA MALAM BERSAMA WEDANG CORR, MINUMAN KHAS JEMBER

Penghuni malam adalah yang paling rentan diserang rasa dingin, harus ada penghangat dan banyak cara untuk menghangatkan diri biar tetap eksis saat malam tiba, salah satunya dengan minuman penghangat, saya tidak akan membahas minuman keras disini. Kita punya produk lokal yang masih alami, namanya Wedang Corr.

Wedang Corr, ya bukan hanya bangunan saja yang dicorr. Minuman khas Jember, bisa dibilang demikian karena memang tidak ditemui ditempat lain yang itupun di Jember juga hanya ada disatu tempat, minuman endemik, dan masuk gang kecil di daerah Perhutani Jember. Berbicara kota ini mungkin pusat perhatian kita akan tertuju kepada Jember Fashion Carnaval yang kesohor itu dan untuk urusan makanan pun akan teringat kepada Suwar Suwir dan Prol Tape, ya kota Jember gemar mengolah makanan berbahan dasar tape. Hanya saja, adakah diantara kalian yang mengetahui minuman Corr? semoga hal itu kini sudah terjawab. Corr seperti minuman ramuan, agak sedikit purba jika tidak diolah sedemikian rupa hingga terlihat keren ketika mentereng dihotel dan restoran. Terbuat dari racikan susu kental putih, tape ketan hitam, jahe, air panas, dan gula.

Dunia malem bisa sangat dingin, baik dimusim hujan maupun ditengah bertaburnya bintang kemarau, wilayah Jember bisa dibilang dingin dan wedang Corr bisa menjadi alternatif baru selain Kopi dan penghangat lainnya karena minuman ini khas. Biasa disebut “nge-cor” dan mengingatkan kita pada artis dangdut tanah air yang salah satunya bahkan berasal dari Jember, Dewi Persik, saya belum paham mengapa minuman ini dinamakan “Corr” pandangan pertama memang tampak seperti campuran semen, pasir, dan kapur alias bahan dasar Corr bangunan, tutup jam dua (02) dini hari dan berbanderol tiga ribu (3000) rupiah pergelas dengan dua jenis yaitu biasa dan dobel. Bila ditanya tentang rasanya, minuman ini memang nano-nano karena ada manis dari gula dan susu, aroma jahe, anget karena memang menggunakan air panas, dan banyak rasa kecut karena pnegaruh tape ketan hitam tadi. Sangat cocok bila dibarengi dengan menyantap gorengan, disini juga menjual aneka gorengan jadi terasa komplit jika dinikmati bersama teman nongkrong, relasi, dan keluarga.

Banyak warga baik yang asli Jember maupun dari daerah lain yang kebetulan sedang sekolah/kuliah atau hanya berkunjung ke Jember melewati malam bersama di gubuk sederhana warung “nge-corr” ini, ya meski kecil dan agak susah ditemukan, tempat kini sudah menjadi tongkrongan favorit untuk ngobrol, silaturrahmi, dan lainnya, bahkan beberapa tokoh politik lokal Jember’an sering pula terlihat minum bersama “rakyatnya” di warung ini.

Categories: DUNIA MALAM, JEMBER, WEDANG COR
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: