PIXAR SHORT FILM (2000-2009)

Setelah Day and Night sukses menghibur kita, flshback kita kembali melihat kebelakang. Pixar selain memproduksi film panjang (feature) juga rajin memproduksi film pendek, biasanya film berdurasi kurang dari sepuluh menit ini muncul sebelum atau sesudah film panjangnya main. Ada banyak film Pixar dan mereka pernah mengemasnya dalam bentuk home video berjudul Pixar Short Film Collection – Volume 1 tahun 2007 silam, You Friend The Rat (2007) hingga Dug’s Special Mission (2009) belum termasuk didalamnya, disini kami ingin sedikit me-review film pendek Pixar selama satu dekade lalu, berikut diantaranya

For the Birds (2000)
Menceritakan sekumpulan burung kecil yang imut dan lucu (terutama kicauannya), ada seekor burung berukuran besar datang ingin ikut nimbrung namun mereka tidak suka, apa yang akan mereka lakukan untuk mengusirnya? untuk ukuran tahun 2000, animasi yang diterapkan sangat baik dan mencengangkan, ceritanya lucu dan menghibur. Ladang gandum sebagai backgroundnya mengingatkan kita pada film Toy Story 3 dan A Bug’s Life.

Mike’s New Car (2002)
Mike’s New Car adegan yang tidak ditampilkan dalam film Monster, Inc, ya bisa dibilang begitu. Menceritakan tentang Mike yang mempunyai mobil baru dengan teknologi masa kini, apakah yang baru selalu lebih baik dari yang lama? sangat lucu dan mungkin bisa membuat anda tertawa lepas disini, senada dengan film panjang yang juga sangat menghibur.

Boundin’ (2003)
Bila Mike’s New Car dan For The Bird murni untuk hiburan, disini kita diajak untuk menyelami pesan yang ingin disampaikan oleh Pixar kepada penonton. Seekor domba yang sedih karena bulu yang melekat dibadannya dicukur oleh si empunya, lalu datanglah hewan yang merubahnya untuk tetap tegar menghadapi itu, menarik sekaligus positif.

Jack-Jack Attack (2005)
Lain Mike’s New Car lain pula dengan jack-Jack Attack, dirilis tahun 2005 setelah film The Incredibles, film ini memang menceritakan adegan yang tak disematkan dalam filmnya tentang ulah Jack-Jack sebelum The Syndrom datang mengambilnya dari babysitter. Sangat hebat, ya Jack-Jack sangat hebat dia mempunyai gabungan beberapa kekuatan sekaligus, kita melihat segerombolan pasukan X-Men pada dirinya.
_

One Man Band (2005)
Seorang pengamen dengan berbagai alat musik, sangat ribet hingga sangat susah untuk ditiru. Lalu ada anak kecil dengan sekeping uang dan datangnya pengamen saingan, siapakah yang akan mendapatkan sekeping uang milik anak tadi? ceritanya simple tadi seru karena disini akan ada persaingan diantara dua pengamen tadi
 

Mater and the Ghostlight (2006)
Mater, sejenis mobil derek yang telah berusia tua, masih memiliki rasa humor yang baik adalah kelebihannya. Suka menakut-nakuti mobil lain namun sebenarnya dia yang paling takut dari selurh penduduk Route 66 apalagi ketika mendengar cerita tentang Ghostlight, siapakah ghostlight itu? yang jelas adegan ini sangat tidak penting bila dimasukkan dalam filmnya, lain halnya dengan Jack-Jack Attack diatas, overall ceritanya cukup unik.

Lifted (2006)
Percayakah anda bila ternyata ada juga alien yang masih belajar menculik manusia? untungnya warga yang dibuat kelinci percobaan ini hanya yang berada jauh dengan penduduk lainnya, jadi kemungkinan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya sangat tidak mungkin, seperti itulah premis film pendek ini, menggelitik dan lucu. Point tambahan buat efek suaranya yang jempolan, begitu pula dengan visualisasi tubuh aliennya yang berbentuk mirip jelly.

Your Friend the Rat (2007)
Film pendek “terpanjang” buatan Pixar, menggabungkan beberapa teknik sekaligus. Ada teknik animasi sederhana dan tradisional (2-D), CGI untuk Remy dan Emile, serta Stop-Motion, bahkan juga memperlihatkan tampilan game kuno saat pasukan kanada membasmi tikus. Cerita yang dibangun pun terasa berat dan sedikit kontroversi, apakah tikus itu musuh atau teman?

Presto (2008)
Menceritakan seorang master sulap dan kelinci yang kelaparan, topi ajaib si pesulap adalah fokus utama sekaligus yang paling lucu disini. Entah di film pendek lainnya ada atau tidak, namun Presto memiliki tingkat kesalahan adegan yang banyak, bukan bukan karena rendering CGI-nya yang buruk karena untuk hal itu sudah pasti bisa diatasi oleh Pixar. Overall, ceritanya lucu dan akan membuat anda tertawa sekaligus takjub dengan keahlian sang pesulap dan penampilan si kelinci yang menggemeskan.
_

Burn E (2008)
Burn-E adalah robot yang bertugas untuk memperbaiki segala kerusakan yang ada di Axiom, punya kaitan cerita dengan kisah film WALL-E namun jelas adegan difilm ini tidak ada difilmnya. Sangat unik dan lucu terutama ekspresi para robotnya yang seperti bernyawa dengan karakter yang juga manusiawi, padahal mereka robot. Lewat film ini kita akan tau atas dampak yang ditimbulkan oleh WALL-E dan Eva terhadap yang lainnya termasuk si Burn-E ini.

Partly Cloudy (2009)
Film ini agak ambigu dan kontroversi tentang siapa pencipta manusia dan alamnya, apakah tuhan itu awan? dan menyuruh seekor angsa untuk mengantarkannya? mungkin bukan itu maksudnya tapi entahlah, overall original score dari Micahel Giacchino berhasil membuat film ini terasa lembut.

Dug’s Special Mission (2009)
Gagal menangkap Kevin akibat bertabrakan dengan Dug, sekawanan anjing jahat mengutus Dug pada sebuah misi spesial, misi apakah itu? berhasilkah Dug menjalankan misi ini? mendengar suara tiga anjing begundal tengik ini saja bikin saya tertawa geli, apalagi Dug yang bodor mengacaukan segalanya, serba kebetulan tapi sangat menyenangkan untuk diikuti.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: