Home > 2010, ACTION, APRIL, CRIME, FILM, KOMIK, PHOTO, POSTER, REVIEW, SPRING, SUPER HERO, THRILLER > REVIEW FILM : KICK ASS – [2010]

REVIEW FILM : KICK ASS – [2010]

Mungkin banyak manusia didunia ini yang mempunyai naluri untuk menyelamatkan orang dan lingkungan sekitar yang sedang mengalami masalah dan kesulitan, entah dalam bentuk mengikuti organisasi, komunitas, dan bahkan menjadi sesuatu yang absurd sekalipun yaitu menjadi pahlawan. Dave Lizewski adalah salah satu yang mempunyai impian seperti itu, namun Dave bukanlah seorang yang kebetulan digigit serangga, berasal dari planet lain, atau kena radiasi, serta juga bukan seorang yang berasal dari keluarga yang kaya raya hingga mampu untuk melawan penjahat dengan seabrek gadget super canggih bin super mahal, Dave hanya pemuda cupu yang suka berkhayal main kuda-kudaan dengan perempuan cakep yang sering dilihatnya di internet, suka baca komik, punya 3000 teman dunia maya di myspace, dan mempunyai dua teman “nyata” yang juga sama-sama nerd. itulah babak pertama untuk mengawali cerita dari film remaja bergenre superhero berjudul Kick Ass.



Pemain : Aaron Johnson [Kick Ass/Dave Lizewski], Chloe Moretz [Hit Girl], Nicholas Cage [Big Daddy], Mark Strong [Frank D’Amico], Red Mist [Christoper Mintz-Plasse], Garet M. Brown [Mr. Lizewski], Lyndsy Foncesca [Katie Deauxma], Clark Duke [Marty], Evan Peters [Todd],
Sutradara : Matthew Vaughn
Naskah : Matthew Vaughn dan Jane Goldman
Tanggal Rilis : 16 April 2010 [USA]
Genre : Action, Crime, Thriller, Superhero
Tagline :I can’t read your mind, but I can kick your ass
Durasi : 117 Menit
Distributor : Marv Films

Premis sederhana namun menunjukkan sebuah realitas unik diatas masih berlanjut saat Dave berusaha memantapkan hati untuk menjadi pahlawan, memesan kostum lewat situs dan mencoba menjajalnya di atas atap hingga merangkai kata-kata untuk dipergunakan dilapangan saat menghadapi penjahat. namun sial, keyakinan menyenangkan menjadi pahlawan tidak sama dengan keadaan yang sebenarnya. Kick Ass a.ka Dave Lizewski malah babak belur dihajar preman yang kebetulan berusaha mencuri sebuah mobil, bukan hanya babak belur karena dihajar, Dave malah ditusuk plus ditabrak kendaraan hingga harus dilarikan kerumah sakit. alas, Dave ternyata belum kapok juga dengan profesinya ini. saat berusaha menolong sebuah kucing yang sudah susah payah dicarinya dengan cara menanyakannya pada setiap orang yang dia temui dipinggir jalan, tanpa sengaja pula dia mendapati seorang yang ingin dihajar oleh sekwanan preman. inilah pembuktian seorang pahlawan, kebetulan pula aksi mustahil ini direkam oleh “penonton” yang berada dilokasi tempat kejadian dan disebar diinternet. jadilah Kick Ass terkenal sebagai pahlawan yang ditonton lebih dari 25 juta orang di situs Youtube, berita TV, dan akhirnya menjadi seterkenal Superman dan Batman ditoko-toko komik dan aksesoris seantero negeri.
Dari sinilah film ini menjadi lebih seru dan spektakuler, layaknya masakan. maka kurang lengkap bila tidak ada bumbu penyedap yang membuat kita ketagihan dan berasa nikmat, lalu datanglah masalah lain yang turut serta memperkeruh kepopuleran kisah Kick Ass ini. bahkan cerita selanjutnya bagi gue sedikit agak melenceng dari pakem awal, ada Hit Girl dan Big Daddy yang merupakan anak-ayah yang menurut gue bukanlah sepasang pahlawan melainkan orang yang hanya ingin membalas dendam atas peristiwa masal lalu saja, ada pula Frank D’Amico dan Red Mist yang juga ayah-anak yang kaya raya serta memiliki akal busuk akibat koneksinya dengan pejabat dan aparat pemerintah dan Red Mist yang manja namun ingin menjadi tokoh pahlawan, serta kisah cinta antara Dave dan Katie. melencengnya cerita disini adalah fokus aksi selanjutnya yang banyak mengisahkan tentang dendam Big Daddy dan Hit Girl terhadap Frank D’Amico. secara umum kisah yang dibawa memang cukup baik dan tidak bertele-tele, penyisipan komedi dan aksi yang enerjik berkat tambahan soundtrack membantu ketegangan yang dibangun, yang membuat kurang hanya peralihan dari fokus cerita tadi. dari pertengahan sejak kemunculan Hit Girl, Kick Ass serasa sudah di “kick” oleh Hit Girl dengan dominasi aksinya yang seru namun mengandung kata-kata kotor plus adegan kasar yang terlihat terlalu sadis hingga film ini usai. oh ya adegan penculikan yang kemudian disiarkan langsung di televisi mengingatkan gue sama film The Dark Knight, saat joker mengancam supaya Batman menampakkan siapa yang berada dibalik topeng. nah, apa peran Red Mist difilm ini ?? seperti halnya film The Incredibles, peran Red Mist kurang lebih seperti The Syndrom dan mungkin itulah yang disiapkan sebagai sekuel selanjutnya.
Dari jajaran pemain senior, meskipun gue sebenarnya tidak begitu suka apalagi mengidolakan Nic Cage, namun aktingnya disini lumayan baik. Mark Strong mengubah pemikiran gue dan akan selalu memandangnya sebagai aktor khusus villain, hal ini disebabkan akhir-akhir ini dia selalu menjadi tokoh antagonis, disini dia pun bermain sangat baik sebagai penjahat. akting Aaron Johnson malah selalu ditutupi oleh bayang-bayang akting dari Chloe Moretz, sperti Dakota Fanning dan Abigail Breslin diawal kemunculannya, Moretz lewat film ini gue yakin dia akan menjadi bintang baru dengan film bagus kedepannya menggantikan dua tokoh cewek diatas yang kini sudah beranjak dewasa, sebuah awal yang baik saya pikir. Matthew Vaughn berhasil mengangkat komik Kick Ass ke layar dengan baik, setelah sebelumnya agak mengecewakan saat menangani Layer Cake dan Stardust. sutradara yang tahun depan siap meroketkan X-Men : The First Class ini terbukti mampu meramu ketegangan dan komedi dengan komposisi yang pas, hal ini menjadikan gue begitu optimis dengan proyek X-Men tersebut serta kabar sekuel Kick Ass ini tahun 2012 mendatang.
Overall, meski dinilai terlalu dini. namun gue sangat suka sama film ini begitu pula dengan Iron Man, Batman versi Nolan, Watchmen, dan Superhero The Movie yang kesemuanya bukan dari planet lain dan tidak memiliki kekuatan yang aneh-aneh bin nggak amsuk akal [kecuali karakter Dr. Manhattan dalam film watchmen] dan bukan tidak mungkin menjadi film luar terbaik sekaligus menghibur tahun 2010 selain My Name is Khan, Shutter Island, Ip Man 2, Green Zone, How To Train Your Dragon, dan Iron Man 2 yang gue tonton hingga hari ini. kelebihan film ini datang dari cerita yang fresh, karakter yang menarik, dan action yang entertaining, tidak seserius Batman dan tidak seringan Superhero The Movie. takarannya pas dengan imbuhan semangat muda yang enerjik, sebuah film pahlawan tanpa embel-embel “super” yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

  1. Anonymous
    May 16, 2010 at 12:55 am

    menurut gue overall film ini cukup konyol sekonyol judulnya, cuman ada 1 hal yg cukup mengganggu gue, yaitu si “big daddy”….kenapa harus nicholas cage yg meranin?? ga cocok aja gue ngeliatnya (mending skalian nicholas saputra tuh), nih film gue kasih bintang 3,5 deh

  2. Anonymous
    May 15, 2010 at 5:55 pm

    menurut gue overall film ini cukup konyol sekonyol judulnya, cuman ada 1 hal yg cukup mengganggu gue, yaitu si “big daddy”….kenapa harus nicholas cage yg meranin?? ga cocok aja gue ngeliatnya (mending skalian nicholas saputra tuh), nih film gue kasih bintang 3,5 deh

  3. May 16, 2010 at 1:14 am

    Jiahaha.. secara judul, filmnya memang bergenre komedi bro. soal Nic Cage, nah tu diye pengganggu pemandangannya, diganti Nicholas saputra ? halaah kalo dia yang meranin malah tambah gokil lagi nih jadinya..thanks dah mampir ke blog gue, ngemeng2 kok g pakek google account aja nih ?

  4. May 15, 2010 at 6:14 pm

    Jiahaha.. secara judul, filmnya memang bergenre komedi bro. soal Nic Cage, nah tu diye pengganggu pemandangannya, diganti Nicholas saputra ? halaah kalo dia yang meranin malah tambah gokil lagi nih jadinya..

    thanks dah mampir ke blog gue, ngemeng2 kok g pakek google account aja nih ?

  5. May 22, 2010 at 7:28 pm

    sayang sekali nih masa di kota gw (bogor) blom muncul. pdhl pgn banget nonton. sblm film nya keluar gw juga baca komik nya. tp gk sampe beres seh. seperti nya apa yang di komik sama persis deh. gw juga suka banget ama superheroes yang seperti ini, yang agak sedikit dark lah ya ceritanya. mungkin bisa d blg kick-ass itu watchmen versi remaja ya nya. jelas wkt kemunculan watchmen gw suka banget sama film nya. kl d lia dr review2 seh pada suka semua ama film ini, makin penasaran gw neh….

  6. May 22, 2010 at 12:28 pm

    sayang sekali nih masa di kota gw (bogor) blom muncul. pdhl pgn banget nonton.

    sblm film nya keluar gw juga baca komik nya. tp gk sampe beres seh. seperti nya apa yang di komik sama persis deh.

    gw juga suka banget ama superheroes yang seperti ini, yang agak sedikit dark lah ya ceritanya. mungkin bisa d blg kick-ass itu watchmen versi remaja ya nya. jelas wkt kemunculan watchmen gw suka banget sama film nya.

    kl d lia dr review2 seh pada suka semua ama film ini, makin penasaran gw neh….

  7. May 23, 2010 at 5:07 pm

    Xcatra, aduh gimana maz ya.. film ini pun juga belum mamkal nih di jawa timur, padahal Q juga dah ngebet banget pengen nonton.jadi opsi terakhir ya dengan terpaksa nonton versi pirate-nya deh, dah gitu rugi banget lagi gara2 gambarnya burek kebanyakan pasirnya.wah setuju nih klo Kick Ass adalah Watchmen versi remaja, jadi inget salah satu lagu dari band serius “rocker juga manusia” hehehe…klo soal filmnya, bagi gue bagus lah ya dan begitu pula review2 blog tetangga sebelah tentang film ini..

  8. May 23, 2010 at 10:07 am

    Xcatra, aduh gimana maz ya.. film ini pun juga belum mamkal nih di jawa timur, padahal Q juga dah ngebet banget pengen nonton.

    jadi opsi terakhir ya dengan terpaksa nonton versi pirate-nya deh, dah gitu rugi banget lagi gara2 gambarnya burek kebanyakan pasirnya.

    wah setuju nih klo Kick Ass adalah Watchmen versi remaja, jadi inget salah satu lagu dari band serius “rocker juga manusia” hehehe…

    klo soal filmnya, bagi gue bagus lah ya dan begitu pula review2 blog tetangga sebelah tentang film ini..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: